Selasa, 07 Juni 2011

Jaringan Sosial

Kemarin, yaitu pada hari Selasa tanggal 31 Mei 2011 saya masuk kelas IT for Business yang di ajar oleh Bapak Eddy Suprihadi. Kebetulan hari itu saatnya presentasi, dan sayapun mengikuti presentasi yang dibawakan oleh teman saya yang bernama Samuel Yunianto Setiawan. Dia berpresentasi mengenai Jaringan Sosial. Sebelum presentasi dimulai, saya memang sudah sedikit tahu apa itu Jaringan Sosial, karena minggu sebelumnya sudah ada teman yang berpresentasi dengan tema yang sama. Dan setelah mengikuti presentasi ini, saya menjadi lebih paham mengenai Jaringan Sosial.
Presentasi yang hanya berlangsung selama 15 menit itu memaparkan bahwa Jaringan sosial merupakan sebuah layanan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di dunia maya. Layanan ini biasanya diberikan oleh website dengan cuma-cuma, hanya dengan menulis data diri dan account dapat kita miliki. setelah kita memiliki account, kita dapat memiliki sebuah halaman pribadi yang disebut profil. Selain itu dapat pula menampilkan list teman-teman yang berada di layanan itu kepada teman yang lain, kita juga dapat saling mengisi halaman pribadi satu sama lain dan dapat menemukan teman-teman baru dengan mudah di seluruh dunia Ada macam-macam contoh jaringan social yang bisa kita gunakan, antara lain E-mail, Blogger, Friendster, Yahoo, Facebook, Twitter, Myspace, dsb.
Sama seperti internet, jaringan social juga dapat di ibaratkan seperti dua buah mata pisau. Yaitu memiliki dampak positif dan juga dampak negative. Dampak positif atau manfaat dari jaringan social antara lain kita dapat membuat halaman pribadi yang indah dengan sangat mudah, mengirimkan pesan pribadi kepada teman dengan lebih mudah dan gratis, mendapatkan teman dengan lebih mudah dan cepat, dapat juga menjadi media dalam berbisnis dsb. Sedangkan dampak negatifnya adalah menjadikan pengguna layanan jaringan sosial menjadi malas bersosialisasi secara langsung. memberikan dampak negatif untuk kesehatan, menjadi korban kejahatan di Internet (atau yang bisa kita sebut hack). Hal-hal yang bisa terjadi dikarenakan hacking adalah pencemaran nama baik, pengambilalihan kepemilikan layanan di Internet, masuknya virus ke komputer, kerugian finansial.
Ternyata jaringan social juga memiliki criteria. Menurut teman saya ini, criteria jaringan social antara lain.
 Hal ini dapat diakses melalui web dengan web browser
 Pengguna secara eksplisit harus menyatakan hubungan mereka dengan orang lain yang menyatakan dalam satu hubungan
 Sistem harus memiliki keamanan yang mendukung untuk pengguna koneksi ini
 Hubungan harus terlihat dan dapat dijelajahi
Setelah selesai berpresentasi dan menjawab pertanyaan dari teman-teman, akhirnya teman saya ini membacakan kesimpulan dari presentasinya. Yaitu “Dengan demikian jaringan sosial adalah suatu media yang sangat bermanfaat untuk berkomunikasi dan bersosialisasi, tetapi kita juga harus waspada terhadap kemungkinan- kemungkinan buruk yang bisa terjadi”.
Sumber: Presentasi Samuel Yunianto Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar