Selasa, 07 Juni 2011

MUDAHNYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN STATISTIK

Kita hidup di dunia ini pasti sarat akan masalah. Masalah-masalah tersebut akan semakin menumpuk jika kita tidak bisa mengatasinya satu persatu. Untuk menyelasikannya, tentu kita akan dihadapkan dengan berbagai macam peluang. Dan peluang-peluang tersebut memiliki dampak positif dan negative masing-masing. Oleh karena itu, kita tidak bisa sembarangan, harus dipikirkan secara matang. Karena dengan mengambil keputusan secara sembarang, bisa-bisa kita akan menyesal dikemudian hari. Semakin berat masalah yang kita hadapi, pasti semakin sulit pula bagi kita untuk mengambil keputusan yang pas guna membuat kehidupan kita dimasa yang akan datang menjadi lebih baik. Untuk mengambil keputusan secara tepat ini, kita butuh ilmu. Ilmu tersebut bisa disebut dengan statistika.
Statistika sendiri memiliki pengertian Ilmu yang mengumpulkan, menata, menyajikan, menganalisis, dan menginterprestasikan data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif (Muhammad Jihadi). Dari pengertian ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa statistika sangat erat kaitannya dengan pengambilan keputusan. Memang, ilmu ini belum begitu familiar ditelinga masyarakat. Namun, seiring barjalannya waktu. Pasti lambat laun masyarakat akan mengerti dan mulai menggunakannya. Karena dengan menggunakannya, kita akan dimudahkan. Bagaimana tidak? Dengan menggunakan statistic, hanya dengan membaca table atau grafik saja kita bisa mengetahui perkembangan suatu masalah atau bahkan kita bisa meramalkan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Hal ini bukanlah suatu mimpi belaka. Karena dengan statistic semua bisa terjadi. Karena setelah data tersebut diperoleh dan di olah. Hasil akhir data tersebut bisa disajikan dalam bentuk daftar baris dan kolom, daftar kontingensi, dan grafik atau diagram. Grafik sendiri ada lima jenis, yaitu grafik garis, grafik batang, grafik lingkaran, diagram lambang (diagram peta), dan diagram pencar.

Setelah melihat grafik, atau hasil penyajian statistic. Kita akan lebih dimudahkan dalam pengambilan keputusan yang sangat penuh resiko untuk masa depan kita atau bahkan jika kita adalah seorang manager, perusahaan yang kita pimpin sangat bergantung pada apa yang akan kita putuskan. Salah sedikit saja dalam menentukan langkah akan berakibat sangat fatal.

Mungkin kita yang tidak atau bahkan belum mengenal statistic akan merasa takut kalau-kalau salah dalam membaca data. Hal ini seharusnya tidak ada dalam benak kita. Karena justru dengan ilmu ini kita dimudahkan dalam pembacaannya, data yang sangat kompleks akan di sederhanakan sehingga hanya dengan satu kali mempelajari saja atau bahkan satu kali lirikan mata saja kita bisa faham dengan data tersebut.

Setelah mengetahui betapa mudahnya pengambilan keputusan jika kita menggunakan statistika. Maka saya menganjurkan, gunakanlah ilmu ini dalam setiap kesempatan. Sekecil apapun itu. Selagi kita bisa. Karena dengan itu, sama saja kita mengamalkan ilmu yang sangat tak ternilai harganya dan tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dimasa yang akan dating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar