Rabu, 20 April 2011

Software yang dibutuhkan

Dalam mengerjakan tugas kita sehari-hari. Tugas apapun itu, jika tugas tersebut harus dikerjakan dengan menggunakan seperangkat komputer, kita dituntut harus menggunakan software. Tidak sembarang software yang bisa kita gunakan dalam membantu pengerjaan tugas kita tersebut, namun terdapat software yang khusus dibuat oleh pembuatnya untuk membantu tugas kita ini. Kita pasti akan kebingungan, karena jenis software ada banyak. Software-software tersebut ada yang beli dan ada yang gratis. Software yang bisa kita pergunakan secara bebas tanpa harus membeli alias gratis disebut Open source. Software open source ini biasanya beredar secara bebas di google. Kita tinggal mengunduhnya saja. Proses pengunduhannya juga tidak sulit dan lumayan cepat.
Jika kita diberi pertanyaan, kenapa kita menggunakan open source, kita pasti akan menjawab. “Karena gratis,”. Jawaban ini sudah tidak lucu lagi, terutama bagi kami mahasiswa yang bisa punya uang dari belas kasihan orang tua kami. Jika kami harus membeli software, tentu kami sangat merasa keberatan. Harga Software komputer sangat mahal, padahal dalam mengerjakan satu tugas, kita bisa menggunakan software lebih dari satu. Bayangkan jika kita harus membeli software-software tersebut. Bisa gulung tikar orang tua kita. Padahal, software yang sudah terlanjur kita beli tersebut belum tentu bisa menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi. Bukan tidak mungkin jika kita salah membeli software.
Dari fenomena ini, dapat kita simpulkan bahwa kita sangat membutuhkan adanya open source. Karena dengan opensource kita bisa dimudahkan dalam mengerjakan pekerjaan yang kita kerjakan dan agar pekerjaan tersebut bisa selesai tepat pada waktunya. Biasanya, kita tidak akan kesulitan jika kita ingin mendapatkan software ini. Karena kita bisa bertanya pada teman kita. Kita tinggal bilang, “aku mau kerja tugas ini. Enaknya pakai software apa ya?” teman kita pasti akan langsung menyarankan apa software yang bisa kita gunakan. Selain itu, kita juga bisa mengopi software milik teman kita tersebut jika teman kita memilikinya. Hal ini tentu saja diperbolehkan baik oleh teman kita maupun oleh pencipta software tersebut. Oleh teman kita, tentu saja hal ini sangat diperbolehkan mengingat software ini adalah software gratis. Bayangkan jika software ini harus beli. Otomatis jika kita menginginkan software ini kita harus bayar juga pada teman kita. Oleh penciptanya, tentu sangat diperbolehkan, namanya juga open source (software gratis) pastilah pebggunanya boleh melakukan transaksi copy-paste.
Selain bertanya pada teman, kita juga bisa me-search di google search. Kita tinggal mengetik keyword dan software-software yang kita butuhkan akan langsung terpampang. Setelah terpampang, kita bisa langsung mendownloadnya. Software-software opensource sangat beragam, seperti linux, Mozilla FireFox, Open Office.
Software berbasis open source ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Manfaatnya bisa terasa dibidang pendidikan, bisnis, bahkan pemerintahan. Dari sini terlihat bahwa keberadaan software berbasis open source sangat dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat dan semua merasakan manfaatnya. Bukannya software yang tidak berbasis open source dibutuhkan, namun software berbasis open source lebih dibutuhkan karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh software yang tidak berbasis open source.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar